Welcome To My Blog

Selamat datang di website pribadi saya. Online Learning Tutorial merupakan Website Tutorial untuk membuat media pembelajaran online yang Kreatif dan Inovatif berbasis Blog yang dapat digunakan sebagai E-Learning.

Jumat, 19 Agustus 2011

Account Google, Langkah Awal Desain Blog sebagai Media e-learning.


Sebagai langkah awal dalam mendesain media e-learning atau media pembelajaran berbasis online dengan memanfaatkan domain blogspot dari http://www.blogger.com/  adalah Anda harus memiliki account yang akan digunakan sebagai ID dalam mendesain media e-learning. Selain itu,
account ini akan digunakan lagi ketika Anda ingin memperbaharui atau mengupdate media e-learning Anda beserta isinya dan juga dapat berfungsi sebagai email, Email merupakan salah satu layanan surat elektronik yang dapat kita gunakan sebagai kotak surat, menerima email (surat elktronik),mengirim pesan. File yang diterima dan dikirim dapat berupa teks,gambar, file multimedia (video, lagu), ataupun file2 lainnya yang dapat dijadikan attachment.  Dua diantara penyedia account sekaligus email adalah dari Google dan Yahoo. Menurut saya layanan email terbaik saat ini adalah gmail atau google email, karena selain menyediakan fitur layanan dan dukungan tambahan gmail juga menyediakan kapasitas penyimpanan data yang lebih besar plus keamanan yang lebih terjamin.

Untuk pembahasan kali ini, khusus membuat account dari Google yang juga merupakan bagian dari http://www.blogger.com/.

Langkah-langkah memiliki account dari gmail Google, sebagai berikut:




1. masukan alamatnya urlnya http://mail.google.com atau anda juga bisa masukan dulu http://google.co.id, kemudian klik menu gmail pada bagian atas jendela google

2. Kemudian pilih tombol [create an account] atau [sign up ke gmail]
3. Lalu masukan identitas anda pada formulir pendaftaran, untuk langkah-langkah pengisian sangat mudah sekali, dan hampir sama dengan cara pengisian pada layanan email di Yahoo.com, kalau kesulitan dalam mengisi karena formulir berbahasa inggris, tinggal ganti aja bahasanya pada pojok kanan sebelah atas jendela formulir pendaftaran. Pilih bahasa sesukamu,

Untuk mempermudah, berikut petunjuk pengisian form pembuatan email di gmail.
  • First Name = Diisi dengan nama depan anda.
  • Last Name = Diisi dengan nama belakang anda.
  • Desired Login Name = Isi sesuai keinginan anda. Bagian yang ini, nantinya akan menjadi username alamat email anda. Dan setelah anda isi, jangan lupa klik tulisan “check availability” terlebih dahulu untuk melihat apakah username yang anda pilih masih tersedia atau tidak. Silahkan coba sampai ada tulisan “usernameanda is available”.
  • Choose a Password = Masukan password sesuai keiginan anda (harap di ingat – ingat).
  • Re-enter Password = Masukan kembali password (harus sama seperti sebelumnya).
  • Security Question = Pilih salah satu pertanyaan keamanan. Jika bingung, pilih saja “what was the name of your first teacher”.
  • Answer = Masukan jawaban sesuai pertanyaan yang anda pilih di kolom sebelumnya. Jika anda memilih sama seperti yang saya anjurkan diatas, silahkan isi nama guru pertama anda.
  • Recovery Email = Jika anda sudah memiliki alamat email sebelumnya (bebas), silahkan masukan disini. Jika belum, isi saja dengan “name@company.com” (tanpa tanda kutip).
  • Location = Indonesia
  • Word= Isikan huruf, sesuai dengan gambar.
4. Untuk pengisian verifikasi kata, jika sulit dibaca, bisa diganti dengan klik pada simbol kecil yang ada disebelah kanan kotak isian verfikasi kata. 


5.Kalau sudah diisi semua, tinggal klik tombol [I accept, Create my account] atau [Saya menerima. Buatkan akunku].. udah deh selesai
6. untuk mencoba menampilkan emailmu, lansung aja klik tombol [show me account] atau [saya siap – tampilkan account saya] 

 
7. Untuk menghindari serangan spamer terkadang gmail meminta verifikasi menggunakan SMS handphone anda, masukkan saja nomor handphone anda untuk mendapatkan no verifikasi yang digunakan untuk aktifasi akun Gmail.Nomor handphone ini hanya digunakan untuk verifikasi akun email.
masukkan nomor handphone anda pada kolom yang tersedia kemudian klik Tombol [send verification code to my mobile phone] 

 
sesaat kemudian anda akan mendapatkan SMS dari google, berisi kode verifikasi. masukkan nomor kode tersebut pada kolom yang baru saja tampil. 


8. setelah anda klik verify, anda akan menjumpai jendela seperti di bawah ini



klik pada Link yang saya lingkari pada gambar di atas.
9. Anda akan di bawa ke dalam jendela kotak masuk email anda, untuk pertama kali ada satu pesan masuk dari gmail sendiri. Untuk membukanya, ya tinggal klik aja pesan yang tampil ada kotak masuk. 

Selamat, Account Anda sudah jadi yang selanjutnya dapat digunakan untuk merancang media e-learning dengan menggunakan domain Blogspot dari www.blogger.com.
10.Untuk keluar dari gmail anda harus klik sign-out, dan jangan langsung klik exit pada jendela browser anda. Karena kalau anda tidak klik tombol sign-out dulu dan langsung klik exit, nanti suatu saat jika ada orang lain yang membuka layanan gmail pada komputer yang baru saja anda gunakan, maka yang tampil adalah account gmail anda. Hal ini biasanya terjadi ketika akses email di warnet, pengguna terkadang lupa menekan tombol Sign out. kalau akses internet di komputer atau laptop pribadi sih tidak masalah, karena yang membuka kan cuma anda sendiri.
11. Jika sudah sign-up kemudian anda ingin membuka email lagi, langkahnya cukup mudah, anda tinggal akses http://mail.google.com, jika sudah tampil jendela gmail, masukkan id gmail, dan pasword anda, kemudian klik [masuk] maka anda akan di bawa ke kotak masuk gmail anda…

Untuk langkah selanjutnya, Anda dapat membaca Langkah Kedua, Desain Blog sebagai Media e-learning.
Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Digg
Facebook
Yahoo
Feed

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar